Daya Beli Stabil, BPS Klaim Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,94%

Apartemen392 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Badan Pusat Statistik menyebut ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan imbas daya beli masyarakat yang cenderung masih sangat stabil.

“Daya beli masyarakat masih terlihat stabil,” kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari detik.com, Senin, 06 November 2023.

Berdasarkat catatan BPS, ekonomis Indonesia pada kuartal III-2023 mengalami kenaikan pertumbuhan hingga 4,94 persen secara year on year (yoy).

Kenaikan pertumbuhan ekonomi imbas daya beli masyarakat stabil ini disebut lantaran pengendalian inflasi yang tepat, terbukti dengan indeks penjualan eceran riil menunjukkan angka pertumbuhan.

Menurut Amalaia, pertumbuhan ekonomi ini juga dipengaruhi dari respon kebijakan-kebijakan pemerintah. Misalnya, pengelolaan belanja modal pemerintah pada triwulan III-2023 hingga tumbuh 32,37 persen. Ditambah, sisi kebijakan moneter Bank Indonesia yang kekeh mempertahankan tingkat suku bunga.

“Penjualan domestik sepeda motor juga naik 11,28%, nilai transaksi uang elektronik dan kartu kredit juga tumbuh masing-masing 6,91% dan 25,75%, serta terlihat masih tumbuhnya dengan cukup tinggi kredit KPR dan KPA sebesar 12,30%,” katanya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Atasi Kemiskinan Esktrem, Pemprov Banten Targetkan Pendapatan Warga Meningkat Jadi Rp28 Ribu Per Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *