Masuki Musim Hujan Tapi Cuaca Malah Panas, Begini Kata BMKG

Apartemen296 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Saat ini sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Tangerang telah memasuki musim hujan. Hal ini berdasarkan pemantauan dan analisa di Stasiun Geofisika Kelas 1 Tangerang.

Dari hasil pemantauan, musim hujan akan dipastikan datang pada November Dasarian II untuk Kota Tangerang bagian selatan dan Desember Dasarian III untuk Kota Tangerang bagian utara. Namun, akhir-akhir ini cuaca di Tangerang malah terbilang panas bahkan sempat menembus angka 35 derajat celcius.

Menanggapi fenomena ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) melalui akun Instagramnya @infobmkg membeberkan alasan dibalik cuaca panas di musim hujan tersebut.

“Berdasarkan citra satelit, terpantau tidak ada tutupan awan di wilayah tersebut sehingga sinar matahari intens langsung ke permukaan bumi,” kata BMKG dikutip pada Rabu, 20 Desember 2023.

BMKG menjelaskan, minimnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara ini disebabkan oleh aktivitas pola tekanan rendah di sekitar laut Cina Selatan. “Yang menyebabkan berkurangnya aliran massa udara basah ke arah selatan Ekuador,” tambah BMKG.

Lebih lanjut, aktivitas pola tekanan rendah si sekitar laut Cina Selatan ini masih akan berlangsung selama tiga sampai empat hari ke depan. Diprakirakan, peningkatan curah hujan di wilayah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara baru akan terjadi para 23 Desember 2023 mendatang.

“Pola tekanan rendah di sekitar laut Cina Selatan secara tidak langsung membentuk pola pertemuan serta belokan angin dan menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi,” jelas BMKG.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Kini Penjabat Kepala Daerah Tidak Bisa Mutasi ASN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *