Tekan Polusi, QNET Bina Komunitas untuk Tanam Pohon di Sekolah dan Tempat Tinggal

Apartemen386 Dilihat

TANGERANGNEWS.com-QNET, salah satu perusahaan penjualan langsung yang menawarkan berbagai macam produk kesehatan, bekerja sama dengan mitra di Jakarta dan Surabaya, untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan serta komunitas lokal.

Hal ini mengingat sejumlah wilayah di Indonesia telah bergulat dengan deforestasi dan kualitas udara yang buruk dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk mengatasi polusi udara tersebut, QNET yang berfokus pada gaya hidup dan kesehatan melaksanakan penanaman pohon.

Terutama di daerah perkotaan seperti Jakarta, dimana terdapat banyak asap kendaraan dan industri yang menggunakan bahan bakar fosil.

Seperti di SDN Karet 01 Jakarta Selatan, QNET mengatasi tantangan ini dengan menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah.

Ganang Rindarko, General Manager QNET Indonesia mengatakan sekolah ini terletak di kota yang sibuk, diapit oleh jalan-jalan yang selalu ramai dengan mobil dan sepeda motor yang mengeluarkan emisi karbon.

“Dengan memulihkan lahan hijau di sekitar sekolah, kita dapat meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih dan mengurangi risiko penyakit pernapasan bagi siswa di sini,” katanya, Senin 25 September 2023.

Ada sekitar 70 pohon yang ditanam di sekitar SDN 01 Karet, yang sebagian besar memiliki batang besar dan berdaun hijau untuk memberi keteduhan dan dapat menghasilkan buah musiman.

“Kami juga menyiapkan beberapa tanaman hias di depan kelas dan herbal atau tanaman bat keluarga yang biasa digunakan sebagai obat,” jelas Ganang.

Ganang menambahkan QNET selalu ingin menciptakan lingkungan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

Inisiatif penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Employee Community Impact (ECI) QNET, di mana karyawan menyumbangkan waktunya untuk membantu berbagai komunitas yang kurang terlayani di seluruh negeri.

Baca Juga  Akademisi UMJ Serukan Boikot Produk Pro Israel

“Tujuannya untuk meningkatkan kehidupan mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, program ECI QNET melibatkan karyawan yang membawa persediaan makanan dan kebutuhan sehari-hari ke desa terpencil di Ponogoro, Jawa Timur, untuk membantu mereka mempersiapkan musim Ramadan.

Kepala SDN 01 Karet Ambariyah Hidayat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada QNET. Sekolah kini semakin indah dan berwarna-warni berkat adanya pohon-pohon baru yang ditanam.

“Para guru kami juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan ajar bagi siswa untuk lebih memahami sains dan alam,” terangnya.

Selain di Jakarta, karyawan QNET Indonesia yang berkantor di Surabaya juga melakukan penanaman pohon di sekitar Dusun Medaeng Kulon, Desa Kedung Turi di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo.

QNET ingin menghijaukan lingkungan di kawasan perumahan padat penduduk dengan sedikit ruang hijau.

“Sangat bermanfaat untuk menghijaukan lingkungan desa setempat di sini,” kata Wiwik, seorang warga yang menjadi sukarelawan bersama staf QNET untuk menanam bibit pohon di dekat rumahnya.

Inisiatif penanaman pohon QNET di Jakarta dan Surabaya selaras dengan Inisiatif Warisan Hijau yang diluncurkan oleh QNET.

Green Legacy adalah komitmen QNET untuk secara aktif melindungi alam dengan menanam pohon, yang membantu meningkatkan ekosistem lokal dan menghasilkan penghidupan agroforestri yang berkelanjutan.

Tahun lalu, QNET bekerja sama dengan militer setempat menanam 2.000 pohon bakau di sepanjang pantai Bali di bawah bendera Green Legacy.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *