Teknologi Hydrodrive Incinerator Diklaim Mampu Atasi Sampah di Tangsel

Apartemen319 Dilihat

TANGERANGNEWS.com- Sampah masih menjadi permasalahan serius di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menggunakan teknologi Hydrodrive Incinerator, yang baru saja diresmikan di Intermediate Treatment Facility (ITF), Parigi Pondok Aren, Kota Tangsel, pada Kamis, 14 Desember 2023.

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyatakan, teknologi Hydrodrive Incinerator mampu mengolah sampah dengan kapasitas mencapai 60 ton per harinya.

“Kita lihat bahwa sampah itu harus diselesaikan secara menyeluruh tanpa menimbulkan permasalahan isu-isu lingkungan lainnya,” kata Pilar dalam keterangannya dikutip pada Minggu, 17 Desember 2023.

Pilar menjelaskan, Hydrodrive Incinerator merupakan teknologi yang telah tersertifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK).

Kata Pilar, teknologi ini mampu menangkap asap atau es yang ditimbulkan dari pembakaran sampah, sehingga tidak menyebabkan polusi.

Rencananya, lanjut Pilar, teknologi ini akan diimplementasikan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang dengan harapan dapat menghasilkan listrik bernilai investasi yang lebih besar sesuai dengan Peraturan Presiden no. 35 tahun 2018.

Dia berharap, masyarakat dapat turut serta berperan dalam penanganan sampah melalui pemilahan sampah. Misalnya saja, keaktifan masyarakat dalam bank sampah maupun TPS3R.

“Tadi saya sampaikan solusi itu bukan solusi permanen, tapi solusi sementara. Karena solusi permanennya itu nanti sampah dikelola di Cipeucang,” pungkasnya.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Gardu Listrik Keluarkan Asap dan Meledak di Pondok Aren Tangsel, Bikin Panik Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *