Tumor Mulut Berisiko Menjalar ke Tenggorokan, Dokter Sari Asih Ungkap Faktor Penyebab dan Pencegahannya

Apartemen343 Dilihat

TANGERANGNEWS.com – Tumor mulut adalah pertumbuhan sel tumor yang terjadi dalam mulut atau daerah sekitarnya. Tumor ini bisa berada di berbagai bagian mulut, termasuk bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, dan dasar mulut.

Dokter Spesialis Bedah Mulut RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, drg. Putri Kumala Santi, SpBM, mengatakan jika tidak diantisipasi, tumor mulut dapat merambah ke tenggorokan (faring), amandel (tonsil), dan kelenjar ludah.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami tumor mulut disebutkan drg. Putri Kumala Santi, SpBM, meliputi:

1. Merokok dan Penggunaan Tembakau

Merokok dan mengunyah tembakau meningkatkan risiko tumor mulut secara signifikan.

2. Konsumsi Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko tumor mulut.

3. Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Beberapa tipe HPV terkait dengan risiko tumor mulut, terutama pada bagian belakang tenggorokan (orofaring).

4. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan pada bibir dapat meningkatkan risiko tumor pada bibir khususnya pada bibir bawah.

5. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam diet dapat menjadi faktor risiko.

“Gejala tumor mulut dapat mencakup perubahan pada bibir atau mulut, luka yang tidak sembuh, nyeri, sulit menelan, perubahan suara, dan pembengkakan,” ujar drg. Putri Kumala Santi, SpBM. 

Cara Mendiagnosis

Diagnosis tumor mulut diperlukan serangkaian tes dan pemeriksaan, seperti biopsi, pencitraan medis, dan pemeriksaan fisik. Pengobatan tumor mulut dapat melibatkan operasi, radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi dari metode-metode ini, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan tumor.

Penggunaan Panoramic bisa dilakukan untuk mendeteksi dan mengobati tumor mulut sejak dini karena dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi dampak yang mungkin terjadi. 

Panoramik atau panoramic radiograph, adalah alat diagnostik radiologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar dua dimensi dari seluruh struktur mulut dan gigi dalam satu gambar. 

Baca Juga  Rusak Lingkungan, Satpol PP Tutup Galian Tanah Ilegal di Tigaraksa Tangerang

Gambar panoramik memberikan pandangan umum dari rahang atas dan bawah, termasuk gigi, tulang rahang, sendi rahang, dan struktur lainnya.

Dalam beberapa kasus, gambar panoramik dapat membantu mendeteksi adanya pertumbuhan atau perubahan yang mencurigakan yang mungkin terkait dengan tumor mulut.

Oleh karena itu, pencegahan, termasuk menghindari faktor risiko yang dapat diubah seperti merokok dan minum alkohol berlebihan, serta kunjungan rutin ke dokter gigi atau dokter spesialis dapat memainkan peran penting dalam mencegah tumor mulut.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *