USAID IUWASH Apresiasi Capaian Pembangunan Sanitasi Kota Tangerang

Apartemen285 Dilihat

TANGERANGNEWS.com – Pembangunan sanitasi di Kota Tangerang menarik perhatian United States Agency for International Development – Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (USAID IUWASH) Tangguh.

Lembaga bantuan pembangunan internasional yang berpusat di Amerika Serikat itu menyaksikan langsung transformasi positif pada pembangunan sanitasi di Kota Tangerang dalam satu dekade terakhir.

Transformasi ini mencakup regulasi, kebijakan, dan program pemerintah kota untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas sanitasi yang memadai. Berikut capaian pembangunan sanitasi di Kota Tangerang:

1. Pengelolaan Air Limbah Domestik

Kota Tangerang memiliki dua instalasi pengolahan air limbah domestik. Lokasinya berada di Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang dan satu lagi di Jalan Bawang Kecamatan Karawaci. 

“Kota Tangerang menarik, di kota ini sudah punya sistem pengelolaan air limbah domestik sekala besar yang terpisah,” kata Urban Sanitation Specialist USAID IUWASH Tangguh, Ardi Ruslan kepada TangerangNews. 

Ardi menyebutkan, sistem pengelolaan air limbah domestik yang berada di Tanah Tinggi dan Jalan Bawang Karawaci menjadi yang terbesar. “Di kota-kota lain belum ada yang sebesar ini,” sebutnya. 

2. Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik

 

Satu lagi yang menarik bagi USAIDIUWASH, imbuh Ardi, Kota Tangerang sudah memiliki regulasi berupa Perda momor 6 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik yang ditetapkan awal 2023. 

Menurutnya, Se-Tangerang Raya baru Kota Tangerang memiliki Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik. Perda tersebut mencerminkan semangat pemerintah kota menciptakan lingkungan berkualitas, sehat, dan sanitasi aman bagi semua warga. 

“Perda ini menjadi kekuatan hukum dalam melaksanakan pengelolaan air limbah domestik. Karena mengatur hak dan kewajiban pemerintah dan masyarakat,” papar Ardi. 

Pihaknya mendorong kedepan Kota Tangerang punya unit pelayanan tersendiri pengolahan air limbah domestiknya. Supaya tugas pemerintah sebagai regulator terpisah dengan tugas operator. 

Baca Juga  Ada Unsur Pidana, Kasus Kebocoran Gas Pabrik Es Koang Jaya Tangerang Naik Penyidikan

“Kalau sekarang pemerintah sebagai regulator juga, operator juga. Kedepan harus jelas tugas dan fungsinya. Kita dorong agar terbentuk UPT,” ujar Ardi. 

3. Layanan Sedot Tinja

Mayoritas warga Kota Tangerang masih menggunakan septictank individual. Penggunaan model ini memerlukan biaya dan perawatan yang tinggi.

Maka pemerintah kota menyediakan layanan sedot tinja. Layanan ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan menghubungi call center yang disediakan. Dinas Perkim menyiapkan 13 mobil tanki penyedot tinja untuk melayani masyarakat kota Tangerang di 13 kecamatan secara mobile.

4. Jamban Sehat

Pemkot Tangerang juga mencanangkan program jamban sehat. Tercatat dari 2014 sampai 2023 total yang sudah dibangun sebanyak 6.227 unit jamban. 

Pembangunan jamban sehat bertujuan memfasilitasi sanitasi yang layak bagi warga guna terwujudnya kota layak huni yang dimulai dari keluarga dan lingkungan. Jamban sehat juga upaya Pemkot mengubah kebiasaan masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

5. Kerja Bakti Massal

Langkah konkret dilakukan Pemkot Tangerang melalui edukasi dan sosialisasi mengampanyekan jaga kesehatan lingkungan. Warga didorong untuk berpartisipasi aktif dengan mengadakan kegiatan gotong royong secara rutin dan gerakan kerja bakti massal.  

Gerakan melibatkan seluruh OPD dan kelurahan, RT/RW dan berbagai komunitas yang ada di Kota Tangerang. Dengan langkah ini diharapkan peningkatan signifikan dalam penataan sanitasi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman di Kota Tangerang.  

6. Raih Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat 

Sederat kebijakan dan langkah konkret Pemkot Tangerang membangun sanitasi lingkungan yang sehat berbuah penghargaan. Kota Tangerang meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat madya dari Kementerian Kesehatan pada November lalu.  

Diketahui, STBM Award sudah diraih sejak 2020 silam oleh Kota Tangerang dengan diawali tingkat pratama kemudian tahun ini maju ke tingkat Madya. 

Baca Juga  Mayat Wanita Bugil Tanpa Kepala Ditemukan di Kali Sangego Karawaci Tangerang

Untuk kategori paling tinggi ini Kota Tangerang berani menuntaskan sederet program pembangunan jamban sehat dan bedah rumah, pengolahan sampah, dan pengolahan ar limbah domestik.  



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *