7 Provinsi dengan Jumlah Pahlawan Terbanyak di Indonesia

Berita366 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pahlawan memiliki jasa yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Di Indonesia, terdapat beberapa daerah yang menghasilkan pahlawan tangguh berjiwa patriotisme. Mengutip dari berbagai sumber berikut deretan daerah dengan jumlah pahlawan terbanyak:

1. Jawa Tengah (31 orang)

Berdasarkan dari data Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kememterian Sosial (Kemensos) Jawa Tengah memiliki jumlah pahlawan terbanyak yakni mencapai 31 orang. Beberapa pahlawan diantaranya adalah Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Soedirman, R.A Kartini, K.H Samanhudi, Dr. Cipto Mangunkusumo dan masih banyak lainnya. 

2. Jawa Timur (27 orang)

Jawa Timur masuk posisi kedua dengan jumlah pahlawan nasional sebanyak 27 orang diantaranya adalah Soekarno, HOS Tjokroaminoto, Meyjen Sungkono, Sutomo, Soeprijadi, Soeroso, Abdul Halim Perdanakusuma dan masih banyak lainnya. 

3. Yogyakarta (23 orang)

Yogyakarta juga tempat banyaknya pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dengan jumlah 23 pahlawan. Beberapa pahlawan asal Yogyakarta diantaranya adalah Ki Hajar Dewantara, Pangeran Diponegoro, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, RM Surjopranoto, KH Ahmad Dahlan dan masih banyak lainnya. 

4. Sumatera Barat (13 orang)

Sebanyak 13 pahlawan berasal dari Sumatera Barat berjuang demi bangsa dengan tenaga yang mereka miliki. Pahlawan asal Sumatera Barat diantaranya adalah Abdoel Moeis, Chalid Salim, Chailan Syamsu, Arisun Sutan Alamsyah, Ahmad Khatib Datuk Batuah dan masih banyak lainnya. 

Iklan

5. Sumatera Utara (12 orang)

Provinsi dengan ibu kota Medan ini merupakan tempat lahirnya 12 pahlawan yang hidup dengan jiwa patriotisme. Dilansir dari sumutprov.go.id, Pahlawan asal Sumatera Utara diantaranya adalah Sisingamangaradja XII, Dr. Ferdinand Lumban Tobing, K.H Zainul Arifin, Meyjen TNI Anm. D. I. Pandjaitan, Tengku Amir Hamzah, Jenderal Besar TNI A. H. Nasution dan masih banyak lainnya.  

Baca Juga  Fakta di Balik Indahnya Masjid Qisas dan Hukum Pancung Arab Saudi

6. Jawa Barat (10 orang)

Jawa Barat masuk dalam deretan daerah dengan jumlah pahlawan terbanyak yakni mencapai 10 pahlawan diantaranya adalah Dewi Sartika, Ir. H. Juanda Kartawijaya, H. Ahmad Sanusi, Raden Ayu Lasminingrat, Laksamana Laut R.D. Eddy Martadinata, dan masih banyak lainnya. 

7. Sulawesi Selatan (10 orang)

Sulawesi Selatan juga turut menyumbang pahlawan demi Kemerdekaan Indonesia dengan jumlah pahlawan sebesar 10 orang diantaranya adalah Sultan Hasanudin, Andi Mappanyukki, Pong Tiku, La Maddukelleng, Andi Djemma, Emmy Saelan dan masih banyak lainnya. 

Pilihan Editor: Menengok Syarat-syarat Menetapkan Gelar Pahlawan Nasional



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *