Ada Fenomena Frozen, Hamparan Pasir Salju Bikin Gunung Bromo bak Negeri Dongeng

Berita382 Dilihat

Sabtu, 3 Juni 2023 – 08:04 WIB

VIVA Travel – Pemandangan di kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur beberapa hari terakhir lebih indah dari biasanya. Itu terjadi lantaran adanya fenomena frozen, yaitu munculnya jutaan buliran salju yang berbaur dengan pasir yang menghampar di kawasan Bromo. Saking indahnya, Gunung Bromo terlihat laksana negeri dongeng.

Baca Juga :

Megawati Tak Pernah Intervensi Sikap Politik Khofifah: Karepmu!

Coba saja Anda berkunjung ke sana. Pada pagi hari setelah menyaksikan matahari terbit, mata Anda akan disuguhi gumpalan kabut yang menutupi lembah di antara punuk-punuk gunung di kawasan Bromo. Sementara hamparan pasir terlihat berwarna keputih-putihan karena diselimuti buliran salju, bila dilihat dari atas. Yuk, scroll buat tahu keindahan lainnya. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, fenomena frozen adalah embun salju yang biasa terjadi di Gunung Bromo setiap Juni hingga Agustus. Itu terjadi pada saat puncak kemarau di kawasan Gunung Bromo sehingga suhu menjadi ekstrem. Akibatnya, kaldera di Bromo membeku dan butiran salju menyelimuti hamparan pasir di sana.

Baca Juga :

Menteri Bahlil Buka Wacana Setop Ekspor Pasir Kuarsa, Begini Kata DPR

Menurut Khofifah, fenomena frozen adalah sisi lain dari keindahan Gunung Bromo yang membuat siapa pun yang menyaksikan suasana di sana akan merasa takjub.

Baca Juga :

Pekerja Abadikan Momen Ketika Salju Turun di Mimika Papua

“Fenomena frozen ini fenomena tahunan yang cukup langka. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini untuk segera berkunjung,” ajak Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 2 Juni 2023.

Ternyata, fenomena frozen juga terjadi di kawasan Gunung Semeru di Lumajang. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat setempat, tutur Khofifah, fenomena frozen pertama kali diketahui terjadi di Ranu Pane, Gunung Semeru, pada Sabtu, 27 Mei 2023. Sementara di lautan pasir Gunung Bromo muncul sejak Selasa, 30 Mei 2023.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *