BPJS Ketenagakerjaan Ajak Perumda Pasar Tohaga Kolaborasi

Berita394 Dilihat

INFO NASIONAL – BPJS Ketenagakerjaan terus fokus memperluas perlindungan, khususnya kepada pekerja di ekosistem pasar yang belum terlindungi. Langkah nyata yang dilakukan yakni menggandeng Perumda Pasar Tohaga dalam hal mempermudah pendaftaran dan pembayaran kepesertaan pedagang pasar melalui petugas kolektor pasar.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengatakan, saat ini pekerja di pasar tidak perlu repot dalam proses mendaftar atau membayar iuran dikarenakan telah dikelola oleh pengurus pasar.

“Kami menangkap bahwa pekerja pada ekosistem pasar ini mengalami kesulitan dalam mendaftar dan membayarkan iurannya setiap bulan, ini kami bersama Perumda Pasar Tohaga berkolaborasi untuk memecahkan permasalahan tersebut,” ucap Zainudin dalam Peresmian Program Kolaborasi Pasar antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Perumda Pasar Tohaga di Pasar Cisarua, Senin, 31 Juli 2023). 

Dirinya menjelaskan bahwa dengan kolaborasi ini pengelola pasar atau kolektor akan bisa mendaftarkan pekerja yang ada di pasar, kemudian melakukan pengelolaan data pekerja, dan terakhir pengelola akan menagih iuran setiap bulan kepada pedagang pasar melalui Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Mitra.

 

“Kolaborasi ini merupakan kolaborasi yang pertama kami dengan Pengelola Pasar, khususnya dalam penggunaaan SIPP Mitra, jadi terima kasih kepada Perumda Pasar Tohaga, mari bersama kami, kita lindungi pekerja di ekosistem pasar agar terhindar dari seluruh risiko di dalam pekerjaan,” tambahnya.

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi kepada pekerja khususnya pekerja pada 4 ekosistem, yaitu ekosistem pasar, desa, e-commerce dan UMKM serta kepada pekerja rentan. Terbaru BPJS Ketenagakerjaan baru saja melaunching kampanye komunikasi mereka yakni kampanye “Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa”.

Selanjutnya Direktur Utama Pasar Tohaga Haris Setiawan menyambut baik kerja sama yang dilakukan ini, dirinya mewakili seluruh jajaran berkomitmen melindungi seluruh pedagang pasar yang ada di bawah binaannya.

Baca Juga  Kronologi Kebakaran yang Hanguskan Rumah dengan 9 Kamar Kos di Tambora

“Negara harus hadir untuk melindungi masyarakat untuk melindungi rakyatnya dalam konteks kami adalah pedagang pasar. Maka hari ini kita melaunching di 500 pedagang di Cisarua, alhamdulillah semua sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, akan ada sekitar 29 pasar lagi yang mengikuti hal yang sama,” ujar Haris.

Diketahui Pasar Tohaga yang merupakan Perusahaan Umum Daerah milik Pemerintah Kabupaten Bogor ini memiliki dan membina 30 pasar rakyat yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Tercatat kurang lebih 25 ribu pedagang ada di bawah binaannya, dan di Pasar Cisarua sendiri terdiri dari 500 kios. Saat ini seluruh pedagang Pasar Cisarua telah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baik pada segmen Penerima Upah maupun pekerja informal/ pekerja Bukan Penerima Upah.

Dalam kegiatan Peresmian Program Kolaborasi Pasar antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Perumda Pasar Tohaga ini juga diserahkan simbolis kartu kepesertaan kepada pekerja yang terdaftar melalui pengelola pasar dan juga pemberian santunan kematian, tabungan hari tua dan juga manfaat beasiswa pendidikan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia.

Menutup keterangannya, Zainudin menyampaikan bahwa kerja sama dengan pengelola pasar akan terus dioptimalkan pihaknya agar ke depan seluruh pekerja di ekosistem pasar akan semakin mudah mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Pasar Cisarua ini merupakan pilot project, Tohaga untuk Indonesia, ke depan kita akan kerja sama dengan seluruh pengelola pasar, kita mau seluruh pekerja Indonesia, bekerja di manapun mereka, mereka memiliki hak untuk terlindungi, kita akan pastikan itu terjadi, sehingga pekerja serta keluarganya akan terjamin dan berujung pada pekerja yang sejahtera,” tutur Zainudin.(*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *