Intip Perjalanan Budaya WBIF ke Solo! Tengok Rumah Batik, Icip Kuliner Hingga Bertemu Waljinah

Berita414 Dilihat

Jumat, 16 Juni 2023 – 06:56 WIB

SOLO – Warisan Budaya Indonesia Foundation (WBIF) mengadakan perjalanan budaya ke kota Solo pada 8-10 Juni 2023. Kota Solo dipilih sebagai tujuan karena memiliki kekayaan budaya yang melimpah dan menjadi pusat industri batik nasional. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Divisi Pelestarian WBI, bekerja sama dengan Divisi Kuliner, Divisi Anak Muda, dan Divisi Humas.

Baca Juga :

Film Nona Manis Sayange Usung Adat Budaya NTT, Dibintangi Haico Van Der Veken

Dalam perjalanan budaya ini, WBIF mengunjungi beberapa rumah batik legendaris di Solo, seperti Rumah Batik Go Tik Swan, Rumah Batik Ny Hartini, dan Rumah Batik Danar Hadi. Go Tik Swan, juga dikenal sebagai KRT Hardjonagoro, merupakan seorang budayawan dan sastrawan Indonesia yang tumbuh dalam keluarga pengrajin batik di Solo. Yuk, scroll untuk tahu info selengkapnya.

Go Tik Swan terkenal karena hubungannya yang dekat dengan Presiden Pertama RI, Soekarno, yang menginspirasinya untuk menciptakan Batik Indonesia. Motif-motif batik Go Tik Swan seperti Sawung Galing, Pisan Rama, dan Parang Megakusumo masih populer hingga saat ini.

Baca Juga :

Gelar Batik Nusantara 2023, Bangkitkan Batik di Masa Pasca-Pandemi

Rumah batik lainnya adalah Rumah Batik Ny Hartini yang terkenal dengan kehalusan pembuatannya. WBIF juga mengunjungi Museum Batik Danar Hadi dan Pabrik Danar Hadi untuk melihat dan mencoba langsung proses pembuatan batik. Batik Danar Hadi merupakan salah satu industri batik terbesar di Indonesia yang tetap berdiri hingga sekarang.

Baca Juga :

Anies Baswedan Puji Kuliner dan Keramahan Masyarakat Jambi

WBIF juga mendapat kesempatan berharga untuk bertemu dengan penyanyi keroncong legendaris, Waljinah. Waljinah dikenal sebagai Ratu Keroncong dengan keahliannya dalam keroncong langgam Jawa, salah satunya lagu “Walang Kekek.” 

Baca Juga  Jelajah Kota Tua Al Balad, Jeddah

Meskipun usianya sudah cukup lanjut, Waljinah tetap memiliki semangat yang kuat untuk melestarikan musik keroncong dan terus mendorong generasi muda untuk mengembangkan keroncong Indonesia. 

Halaman Selanjutnya

“Saya sangat terharu atas apresiasi yang diberikan oleh WBIF, terutama melalui Divisi Anak Muda. Saya berharap, banyak pada generasi muda WBIF untuk ikut serta dalam mengembangkan minat generasi muda terhadap musik keroncong,” kata Waljinah dalam keterangannya, dikutip Jumat 16 Juni 2023. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *