Jember Fashion Carnaval Usai, Relawan Gelar Aksi Bersih-bersih Sampah

Berita359 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Usai perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang berakhir pada Ahad, 6 Agustus 2023, puluhan sukarelawan menggelar aksi bersih-bersih sampah. Banyak sampah makanan dan minuman yang ditinggalkan penonton di sepanjang rute JFC di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua Musyawarah Antar-Gereja Jember Ignatius Sumawiardi mengatakan bahwa acara JFC bekelas internasional sehingga mendapat perhatian dari banyak wisatawan domestik bahkan sampai mancanegara. 

“Tentu yang tidak bisa dihindari adalah sampah,” kata dia di alun-alun Jember, Minggu, 6 Agustus 2023, seperti dikutip Antara. 

Aksi memungut sampah tersebut tidak hanya dilakukan oleh Musyawarah Antar-Gereja Jember saja, tapi juga pelajar SMAK Santo Paulus dan beberapa komunitas untuk membangun gerakan bersama dengan tagline “Wes Wayahe Jember bersih”.

“Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kami juga mendisplinkan diri untuk komunitas peduli sampah,” kata dia.

Dia juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli menjaga agar bumi tetap lestari dan menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan minimal di lingkungan sekitar.

Sementara Leader World Clean Day Indonesia (WCDI) Jember, Parmuji mengatakan pihaknya mengerahkan puluhan relawan tim sapu bersih sampah pada pelaksanaan JFC.

“Aksi bersih-bersih juga melibatkan petugas dari dinas lingkungan hidup (DLH) dan relawan lintas komunitas yang peduli terhadap lingkungan. Kami juga mengedukasi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Kepala DLH Jember Sugiyarto mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan para relawan untuk memungut sampah para penonton JFC dan menyiapkan sebanyak 300 kantong sampah. “Kami juga menyiapkan sejumlah armada truk untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan petugas dan relawan usai aksi bersih-bersih memungut sampah,” katanya.

Jember Fashion Carnaval berlangsung selama tiga hari pada 4-6 Agustus 2023 di Jember, Jawa Timur. Acara puncak Grand Carnival JFC 2023 yang berlangsung pada Sabtu malam, 5 Agustus 2023 diramaikan oleh sejumlah artis serta Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana dan Puteri Lingkungan 2023 Yasinta Aurellia yang tampil dengan kostum memukau. Adapun model dan artis mulai dari Prilly Latuconsina, Yuki Kato, Sara Tumiwa, Erica Carlina, Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman, hingga Ketua Dekrasnada Jatim Arumi Bachsin juga tampi memukau dengan balutan busana nan anggun berwarna biru.

Baca Juga  Drone Ukraina Serang 3 Wilayah Rusia, 5 Luka-luka dan Penerbangan Dialihkan

ANTARA 

Pilihan Editor: Jember Fashion Carnaval 2021, Penampilan 9 Defile dan Promosi Wisata Jember



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *