Lestari Moerdijat: Bonus Demografi Harus Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Berita423 Dilihat

INFO NASIONAL – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyatakan pentingnya memaksimalkan bonus demografi. “Harus mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka merealisasikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya berdasar rilis, Selasa, 15 Agustus 2023.

Diketahui, Indonesia akan menghadapi era bonus demografi pada 2030 hingga 2040, yakni melimpahnya penduduk usia produktif (15-64 tahun) dengan proporsi sekitar 60 persen, lebih banyak dari usia nonproduktif (65 tahun ke atas).

Namun, ujar Lestari atau akrab disapa Rerie, upaya mewujudkan generasi muda berkualitas masih menghadapi berbagai tantangan. Antara lain, belum maksimalnya penerapan sistem pendidikan nasional dan belum meratanya layanan kesehatan kepada masyarakat.

Rerie menilai belum terjadi link and match antara sistem pendidikan dengan dunia kerja. Kemudian, masih rendahnya kualitas tenaga kerja yang belum mampu merespons perkembangan kebutuhan pasar kerja. Hasil survei IMD World Digital Competitiveness Ranking pada 2021, menempatkan Indonesia pada peringkat 37 dunia dari total 64 negara.

Iklan

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sangat berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah di sektor pendidikan segera menerapkan sistem pendidikan yang mampu memasok SDM siap pakai di dunia kerja. Selain itu, memastikan pemerataan layanan kesehatan di tengah dampak perubahan iklim yang terjadi dewasa ini.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, pemanfaatan bonus demografi ini membutuhkan perencanaan matang dan terukur di sejumlah sektor. Sebab, tegasnya, bila bonus demografi tidak mampu dimanfaatkan dengan baik, berpotensi menjadi beban dalam proses pembangunan negeri ini. (*)



Quoted From Many Source

Baca Juga  Jokowi Sebut Anaknya Cuma Jualan Pisang, Relawan Tetap Dukung Kaesang Maju di Pilkada 2024 Depok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *