Main ke Penangkaran Harimau Sumatera di Taman Safari Bogor, Ada Bank Spermanya!

Berita363 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 08:25 WIB

BOGOR – Taman Safari Indonesia memiliki fasilitas penangkaran harimau di mana di dalamnya juga terdapat bank sperma untuk satwa eksotis dan hampir punah.

Baca Juga :

Ada Rumah Sakit Hewan Terbesar Se-Asia Tenggara di Taman Safari Bogor, Yuk Jenguk Penghuninya!

Bank sperma atau Genome Resource Bank menyimpan sperma dari Harimau Sumatera yang kini populasinya di alam liar hanya sekitar 200-an ekor. Selain itu, ada pula sperma badak putih dan anoa.

“Ini salah satu upaya untuk menambah populasi Harimau Sumatera yang semakin hari semakin menyusut populasi,” ujar Deri, keeper harimau di Taman Safari Indonesia, saat ditemui di Bogor beberapa waktu lalu.

Baca Juga :

Kenalan Sama 2 Panda Raksasa, Duta China untuk Indonesia di Taman Safari Bogor

Pusat penangkaran harimau Sumatera di Taman Safari Bogor.

Pusat penangkaran harimau Sumatera di Taman Safari Bogor.

Deri menjelaskan, sperma atau semen satwa-satwa eksotis yang sudah dikumpulkan akan dimasukkan ke dalam straw kecil. Kemudian dimasukkan ke dalam tabung berisi nitrogen dengan suhu -190 derata celcius.

Baca Juga :

Kisah Si Gundul 6 Bulan SurLosergeek.orgl di Hutan Kalimantan, Makan Daging Harimau dan Gajah

Meski sperma tersebut dikumpulkan untuk tujuan pengembangbiakan, tapi Deri mengatakan saat ini Taman Safari masih fokus pada cara pengkawinan secara alami.

“Jadi ini sedang diuji coba juga. Di kita yang sudah berhasil dengan metode ini (bank sperma) pada Banteng Jawa. Kita koleksi semennya, kita injek ke betina,” kata Deri.

Halaman Selanjutnya

Meski dilakukan dengan cara injeksi sperma, saat pembuahan tetap dibutuhkan rangsangan pada satwa betina. Menurut Deri, inilah faktor yang menentukan keberhasilan pembuahan.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Misteri Gunung Padang yang Masuk Dalam Dokumenter Ancient Apocalypse Netflix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *