Menparekraf Gelar Festival Kopi di Manggarai, Mama-mama Ajak Pejabat Menumbuk

Berita368 Dilihat

Sabtu, 5 Agustus 2023 – 13:34 WIB

NTT – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Kemenparekraf) kembali menggelar Festival Kopi di Ruteng Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini berlangsung pada 4-6 Agustus 2023 bertempat di halaman Gereja Katedral Ruteng.

Baca Juga :

Pariwisata dalam Genggaman, Promosi Desa Wisata dan Acara Tradisional Melalui Cokelat

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan gong oleh Deputi Bidang Produk dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsen Jemadu diikuti Bupati Manggarai Heribertus Nabit, Dirut BPOLBF Shana Fatina dan unsur pejabat Forkopimda, Jumat petang, 4 Agustus 2023. Yuk, scroll untuk mengetahui keseruannya.

Tarian menyambut tamu serta atraksi menumbuk kopi oleh puluhan mama-mama petani kopi menjadi sajian pembuka festival. Mereka memperlihatkan pemrosesan kopi secara tradisional dari sangrai, penumbukan, penghalusan sampai menghasilkan bubuk kopi yang siap diseduh.

Baca Juga :

Berawal dari Keluarga, Almas Qalbi Kini Jadi Inspirasi bagi Pelaku UMKM

Menariknya, lesung dan alu-alu yang sama kemudian diserahkan kepada para pejabat untuk memeragakan cara menumbuk kopi seperti yang dilakoni para ibu-ibu tadi.

Baca Juga :

Tuku Berharap Bisa 100 Persen Gunakan Plastik Daur Ulang

Berdasarkan pantauan VIVA, Festival Kopi ini diikuti oleh puluhan peracik kopi. Selain berasal dari Manggarai Raya, para barista juga datang dari sejumlah wilayah di Flores. Setiap stan kopi memajang jenis-jenis kopi spesial dalam bentuk kopi biji, roasted dan kopi bubuk dalam kemasan.

Upaya pemulihan ekonomi
Mewakili Menparekraf Sandiaga Uno, Deputi Bidang Produk dan Penyelenggara Kegiatan, Vinsensius Jemadu mengatakan pencabutan status pandemi COVID-19 menjadi endemik, merupakan momen kebangkitan pariwisata di berbagai tempat.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *