Pesona Jabal Nur Hingga Kekesalan Habib Jafar Gua Hira Dikotori Sampah

Berita403 Dilihat

Minggu, 16 Juli 2023 – 05:28 WIB

MEKKAH –  Dikenal sebagai “Bukit Pencerahan” atau “Gunung Cahaya”, Jabal Al-Nour atau Jabal Nur terkenal dengan Gua Hira di puncaknya. Ini adalah tempat di mana Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Dari puncak Jabal Nur, bukan hanya tersimpan sejarah spiritual perjalanan Rosulullah menerima wahyu pertama, tetapi juga bisa terlihat keindahan kota Mekkah dan Masjidil Haram dari puncaknya, menjadikan Jabal Nur sebagai tempat wisata terkenal di kalangan peziarah di seluruh dunia.

Baca Juga :

Ritual Tahunan, Ka’bah Dicuci dengan Air Bunga Mawar dan Kasturi

Mendaki puncak Jabal Nur

Mendaki puncak Jabal Nur

Photo :

  • MCH 2023/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Dikutip laman Zamzam.com, dikisahkan, pada bulan Ramadhan 610 M, wahyu pertama Al-Qur’an diterima oleh Nabi Muhammad di Gua Hira. Dalam sejarahnya diceritakan bahwa ketika Nabi Muhammad sedang menyendiri di goa, selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan, Hazrat Jibril (Malaikat Jibril) mengunjunginya dan memerintahkanya untuk membaca ayat pertama Al-Quran.

Baca Juga :

Kisah Petugas Haji Khairun Naim, Melayani Tamu-tamu Allah Memberikan Banyak Kesan Indah

Pada musim haji, gua ini paling banyak dikunjungi oleh para peziarah, namun pada saat umrah, musafir tidak mewajibkan kunjungan ke gua tersebut. Pengikut Nabi memanjat batu untuk mencapai gua di atas dan mencari berkah.

Bagaimana cara mencapai Gua Hira?

Baca Juga :

Saudi Beri Penghargaan Buat 3 Negara Pengirim Jemaah Terbesar, Indonesia Salah Satunya

Jalan menuju pendakian ke Jabal Nur

Jalan menuju pendakian ke Jabal Nur

Berlokasi di wilayah Hijaz Arab Saudi, di luar Mekkah, Gua Hira terletak di Gunung Jabal Al-Nour (Jabal Nur) pada ketinggian 634 meter. Berjarak 4 km dari Ka’bah Suci dan menghadap ke utara dengan pintu masuknya mengarah langsung ke arah Ka’bah. Ini adalah tempat di mana kata-kata wahyu ilahi pertama diyakini telah turun kepada Nabi Muhammad untuk menerangi alam semesta.

Baca Juga  Ada Rumah Sakit Hewan Terbesar Se-Asia Tenggara di Taman Safari Bogor, Yuk Jenguk Penghuninya!

Halaman Selanjutnya

Untuk mencapai puncak Jabal Nur dibutuhkan fisik yang prima, dan butuh usaha mencapai puncak keindahannya karena berjarak 20 meter berjalan kaki dari dasar Jabal Nur menuju puncak Gua Hira. Saat mendaki Jabal Nur waktu terbaiknya adalah pukul 03.00 pagi, agar terhindar dari sengatan matahari yang terik. Karena panas terik di siang hari, sebagian besar peziarah memilih mendaki puncaknya di malam hari atau saat fajar dan senja.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *