Soal Larangan Suporter Tim Tandang ke Stadion di Laga Liga 1, Persija Jakarta Thomas Doll: Aturan Ini Tidak Bagus

Berita338 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll angkat bicara soal regulasi larangan suporter tim tandang datang ke stadion yang diterapkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Liga 1 2023-2024. Menurut dia, aturan ini tidak bagus karena suporter merupakan salah satu bagian penting dari tim.

“Suporter adalah elemen penting bagi tim, bahkan saat main tandang. Ketika Jakmania hadir di stadion kekuatan kami bertambah. Semua tim pastinya senang dengan kehadiran suporter, tentu aturan ini tidak bagus untuk tim dan suporter itu sendiri,” ujar dia dalam sesi pre-match press conference Persija vs Borneo FC di Lapangan Indoor Persija Camp, Bojongsari, Depok, Selasa, 8 Agustus 2023.

Pelatih asal Jerman itu menilai, suporter pastinya juga ingin mendukung tim kesayangannya bermain di luar kandang. Ia mencontohkan Jakmania yang kerap hadir ketika Persija bermain di Bali maupun Yogyakarta.

Thomas Doll mengambil contoh dalam laga PSS Sleman vs Persija pada pekan keenam Liga 1, Jumat 4 Agustus 2023. Saat itu, dia mengatakan banyak Jakmania datang hingga membuatnya terpukau dengan atmosfer yang mereka ciptakan.

“Atmosfer bagus saya rasakan di Sleman kemarin, ada banyak Jakmania di sana yang datang mendukung kami di sana, fans yang berada di Yogyakarta,” tuturnya kepada awak media.

“Sekarang suporter kami hanya bisa menyaksikan kami secara langsung dua minggu sekali (saat main kandang). Mereka tentu ingin berpergian ke luar Jakarta mendukung kami, misal salah satunya saat kami main di Bali,” kata Thomas menambahkan.

Iklan

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya mengatakan penetapan regulasi larangan suporter tim tandang datang ke stadion merupakan upaya mewujudkan transformasi sepak bola Indonesia. Namun, hingga pekan keenam aturan itu dinilai tak efektif karena masih banyak yang melanggarnya.

Baca Juga  Kopi dan Es Krim, Apa Itu Affogato?

Imbasnya, tak sedikit pihak meminta aturan tersebut dicabut. Thomas Doll secara tak langsung sepakat dengan usulan tersebut. Ia rindu melihat Jakmania hadir saat Persija bermain tandang.

“Tak perlu lah mereka menunggu seperti itu. Harusnya laga tandang bisa dihadiri suporter karena itulah yang terjadi di Eropa. Saya merindukan suporter kami di laga tandang,” ucapnya.

Pilihan Editor: Ini Hasil Komunikasi PSSI dan Persija Jakarta Soal Pemain yang Dipanggil untuk Timnas U-23



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *